Thursday 30 June 2016

Asyiknya Sewa Mobil Semarang Ke Lawang Sewu, Wisata Sejarah Semarang




Sewa mobil Semarang untuk berlibur di Semarang bisa menjadi pilihan liburan Anda selama di Semarang. Jika berkunjung ke Semarang, maka Anda wajib menyempatkan diri ke Lawang Sewu. Wisata sejarah Lawang Sewu ini merupakan salah satu ikon wisata di kota Semarang. Letaknya yang tidak jauh dari pusat kota sangat mudah untuk dijangkau. Berkunjung ke Semarang tanpa datang ke Lawang Sewu terasa kurang lengkap, hal ini dikarenakan Lawang Sewu merupakan wisata sejarah yang penuh misteri di kota Semarang.

Lawang Sewu yang sekarang berbeda dengan Lawang Sewu yang sebelumnya, dimana sejak pertengahan tahun 2011 yang lalu wisata ini sudah banyak mengalami pemugaran. Tempat wisata Lawang Sewu yang dulu terkesan sangat angker dengan bangunan tuanya sekarang sudah disulap menjadi tempat wisata sejarah yang cukup bagus dan nyaman. Pemugaran yang dilakukan oleh pemerintah Semarang membuat tempat wisata ini menjadi salah satu tempat wisata sejarah yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi ketika berada di kota Semarang.

Lawang Sewu yang menjadi ikon wisata sejarah di Semarang ini dulunya merupakan salah satu pusat pemerintahan Belanda di Jawa Tengah pada masa penjajahan. Pada awal pembangunannya, Lawang Sewu didesain untuk pusat kantor perkeretaapian di Jawa dan menjadi pusat kantor NIS pada awal abad ke 19. Selain digunakan untuk kantor pemerintahan, gedung Lawang Sewu ini juga dijadikan sebagai salah satu pusat penjara bawah tanah para pejuang bangsa Indonesia yang dianggap sebagai pemberontak oleh Belanda dan Jepang.

Keberadaan Lawang Sewu yang sangat megah pada masa itu menjadi gedung terbesar yang ada di Jawa Tengah bahkan di Jawa. Desain seribu pintu yang dibuat oleh arsitekturnya membuat gedung ini tampak unik dan khas. Secara keseluruhan, Lawang Sewu terdiri atas 4 bagian gedung yang diberi nama gedung A, B, C, dan D. Semua gedung ini terhubung satu sama lain dengan jumlah ruangan yang sangat banyak dengan pintu-pintunya yang khas.

Walaupun sudah mengalami pemugaran, namun bentuk bangunan Lawang Sewu ini tetap tidak berubah hanya dipercantik saja. Pemugaran yang dilakukan pada gedung ini hanya memperbaiki bagian gedung yang rusak dan melakukan pengecatan. Hal ini dilakukan agar kesan angker pada Lawang Sewu bisa terhapuskan. Jika dilihat dari luar memang Lawang Sewu terlihat lebih rapi dan bagus. Namun jika Anda sudah berkeliling dan berada di ruangan bawah tanah maka kesan mistis akan sangat terasa sekali.

Ruangan bawah tanah di Lawang Sewu ini dulunya merupakan penjara bawah tanah dan tempat penyiksaan. Jika Anda sempat menuju ruangan bawah tanah ini, maka Anda bisa menyaksikan sisa tempat eksekusi hukuman penggal yang dilakukan oleh para tentara Jepang pada masa penjajahan. Tidak hanya itu, dibagian bawah tanah Lawang Sewu juga terdapat penjara jongkok dengan lebar sekitar 1,5 meter dan tingginya hanya 60 cm saja. Tempat ini dulunya merupakan tempat penyiksaan penjara jongkok para pejuang Indonesia.

Kemegahan bangunan Lawang Sewu pada zaman dahulu ini masih tersisa dengan bentuk bangunannya yang megah dan besar. Pertama kali Anda masuk ke Lawang Sewu Anda akan disambut kaca besar dengan gambar wanita Belanda yang berdesain klasik. Dari lantai satu Anda bisa naik ke lantai 2 dan 3 untuk menyusuri seluruh bangunan tua nan megah Lawang Sewu. Bagaimana, apakah Anda ingin berwisata sejarah dengan sewa mobil Semarang di Lawang Sewu ini?

 Sewa mobil Semarang untuk ke Lawang Sewu bisa menjadi liburan yang menyenangkan di Semarang. Wisata sejarah ini sudah semakin bagus dan tidak terkesan angker lagi.


No comments:

Post a Comment